#hafalQur’an

Juz 30 saja saya masih keteteran. Hingga saya bingung kelak bagaimana jika saya menjadi imam bagi istri saya. Mosok mau baca 4 “qul” melulu ketika sholat. Tapi memang setelah saya belajar jadi #kultwit Ustadz Bobby Herwibowo Lc, salah satu founder founder http://www.al-kauny.com sebuah website di bidang dakwah wa bil khusus di bidang hafalan Qur’an. Memang salah satu “penyakit” saya adalah tiadanya kemauan yang kuat dan kesungguhan.

Jadi malu…

Tapi, bismillah… Di dalam kultwit yang dicopas dari akun twitter @bobbyherwibowo ini, mari kita sama-sama membumikan Al-Qur’an..

Silakan menikmati sajian ilmu ini;

 

1. #hafal quran adalah perkara yg menakjubkan. Tdk ada buku di dunia ini yg bs dihafal spt Al Quran

2. Al Quran bgt dahsyat hingga demikian mudah utk bisa dihafal. Jutaan org sdh menghafalnya. Tdk spt buku lain #hafal quran

3. Sy sendiri menulis bbrp buku. Namun sy tdk hafal apa yg sy tulis. Namun #hafal quran sy bs menuliskan hafalan sy dgn demikian teliti

4. Percayalah, tweeps… #hafal quran itu begitu mudah dan mengasyikkan…. Anda bisa tambah pintar dan…. Awet muda. Ini serius nich…!

5. Sedemikian detil manusia #hafal quran hingga jgnkan ada 1 surat yg diubah. Satu harakat pun berubah bnyk org yg tahu dan meluruskannya…

6. Ini pengalaman nyata yg sy mau ceritakan… Betapa org mengerti kekeliruan saat ada yg baca al quran dgn tdk benar #hafal quran

7. Seorg pria jd imam shalat dan ia baca surat Al Qadar. Ia membaca, INNA ANZALNAHU FI LAILATUL QADR. Jemaah meluruskan dgn mengatakan TIL

8. Maksudnya yang betul bukan INNA ANZALNAHU FI LAILATUL, tapi LAILATIL #hafal quran

9. Maka si imam meralat bacaannya dan ia membaca spt yg dikoreksi oleh jemaah. Maka ia ubah TUL jadi TIL #hafal quran

10. Namun diayat kedua ada redaksi yg sama. Maka cara bacanya pun dilafalkan oleh si imam dgn bacaan…. #hafal quran

11. WAMAA ADRAKA MAA LAILATIL QADR…. imam menyamakan harakat LAILATIL pada ayat 1 dgn 2. Namun jemaah nyeletuk dgn berkt TUL #hafal quran

12. Maksudnya kata yg betul pd ayat kedua adalah LAILATUL bukan LAILATIL…. Wah dua kali salah nih imam. pertama dia blg TUL dikoreksi TIL

13. Diayat ke2 dia sebut TIL dibilang TUL. Mk bacaan pun ia koreksi…. Nmn krn sdh 2 kali salah,ia bingung menghadapi kata LAILAT di ayat 3

14. Maka krn bingung, eh dia menoleh ke belakang sambil nanya kepada jemaah sbb khawtir salah lagi utk kali yg ketiga #hafal quran

15. Imam berkata kpd jemaah, “Hey, yg ini TUL apa TIL?” Jemaah pun kompak menjawab, “TUL” #hafal quran

16. It’s a joke, tweeps.Tp itu cerita asli.Pelajarannya adlh meski kata dlm bhs arab nmn beda harakat sj maka makna bs berubah #hafal quran

17. Balik ke masalah #hafal quran Bnyk org bilang umur udah tua begini gak mungkin lg #hafal quran

18. Sebtulnya itu keliru. Kalimat spt itu sesungguhnya under estimate ats kemampuan kt yg luar biasa #hafal quran

19. Bukan faktor umur tweeps yg membuat susah #hafal quran Nmn sesungguhnya adalah TEKAD & KEMAUAN

20. Coba lihat Rasul Saw & para sahabat umur brp nerima wahyu Al Quran pertama kali? Usia Rasul st menerima wahyu adlh 40 thn #hafal quran

21. 114 surat dan 30 juz isi Al Quran dihafal dlm tempo 22 thn lebih. Itu artinya umur 40-62 thn Rasul dan shbtnya #hafal quran Tua gak?

22. Hebatnya lagi selama 22 thn mereka meng#hafal quran namun susunan surat msh random & berantakan

23. Wahyu pertama turun adlh al alaq lalu al muzammil, al mudatsir dst.Pd ramadhan terakhir Rasul hidup, Jibril datang 2 kali #hafal quran

24. Jibril datang utk beritahukan susunan Al Quran yg spt skrg dimulai dr Al Fatihah. #hafal quran

25. Ayo bayangin tweeps, udah 22 thn #hafal quran eh disuruh format ulang. Dahsyat!!! Ini menggambarkan selalu ada jalan bl ada kemauan

26. Jadi kendala #hafal quran bukan karena faktor umur, tp soal TEKAD & KEMAUAN

27. Utk memotivasi tweeps utk #hafal quran maka sy ingin ajak tweeps gabung ke club elit & plg exclusive sedunia. Pada mau gak?

28. Club ini tdk hny menyoal prestise dunia aja. Tp juga dunia-akhirat. Membershipnya limited dan berisikan org2 elit

29. Club itu adalah club peng#hafal quran. Sbb mereka adlh org2 terdekat di sisi Allah

30. Rasul bersabda, “Ahli Quran adlh keluarga Allah dan org2 terdekat kpdNya” #hafal quran

31. Mereka selalu punya akses kpd Allah 24 hours/day. Rahmat bercucuran kpd mrk dan keridhaanNya tdk pernah putus bt mrk #hafal quran

32. Belum lagi mrk selalu mengulang2 hafalan scr terus-menerus. Ganjaran kebaikan utk mrk bgt banyak bt mereka #hafal quran

33. Sbb Rasul bersabda, “siapa yg baca 1 huruf Al Quran mk baginya 10 pahala”. Bayangin tweeps brp ganjaran peng#hafal quran stp hari?

34. Kejayaan ummat ini adlh ktk mrk meng#hafal quran. Smntr musuh2 sll berupaya agr kt jauh dr quran

35. Ayo tweeps, inspirasi pagi ini bt kalian semua adalah: Perhatikan pr tokoh hebat umat ini. Mrk mnjd luar biasa krn mrk #hafal quran !!!

36. Manusia yg #hafal quran punya kekuatan memory, kemampuan nalar, daya analisa dan sejuta kehebatan lain yg tdk dimiliki manusia biasa

37. Mrk spt manusia genius yg tnp batas. Bisa #hafal quran sklgs jd ahli politik, ahli antropolog, ahli kimia, fisika, kedokteran, dll

38. Nama2 brkt adlh bukti tinta emas sejarah islam yg meng#hafal quran&mnjd manusia SUPER; alGhazali,ibnu sina,bukhari,muslim,khawarizmi,dll

39. Namun pr pemalas masih berkilah, “Mrk khan gak kena macet… Blm ada tv, internet dan twitter. Jd msh pny waktu utk #hafal quran

40. Tdk tweeps, sekali lagi kuncinya adalah KEMAUAN!!! #hafal quran

41. Hng ummat ini kehabisan bekal #hafal quran mrk. Sudah lupa dgn firman2 Allah dan hidup mrk terasa hambar tak bernilai

42. Kebiasaan hidup mudah & instan menjadi karakter mrk hng menganggap #hafal quran is impossible right

44. Hal ini bukanlah salah, nmn tnp terasa degradasi parah terjd pd ummat tnp disadari #hafal quran

45. Hng kl ada imam baca surat yg agak panjang. Para makmum gak tahu kenapa pada kompak batuk & berdehem…

46. …Seolah isyarat kpd imam agr jgn panjang2 bacaannya. Pdhl Rasul bl shalat berjamaah mk bacaan suratnya berkisar 60-100 ayat stp rakaat

47. Hng nih terjadi sbh peristiwa di sbh masjd di bilangan JakSel. Imamnya seorg hafiz & jemaah terbiasa ikut shalat dgn bacaan panjang

48. Biasanya di masjid itu imam mmperpanjang bacaan shalat maghrib hng biasanya bgt usai salam mk waktu hny tersisa bbrp menit

49. Seorg pria bermaksud bertamu kpd temannya yg jd jemaah masjid tsb. Maka tamu itu diajak shalat maghrib di masjid #hafal quran

50. Kebetulan sore itu, imam membaca surat An Naml yg cukup panjang dgn 93 ayat. Semua jemaah menikmati bacaan imam, nmn tdk dgn tamu td

51. Usai shalat dengkulnya terasa lemas dan betisnya keram. Ia mengeluh kpd rekannya dan mengajak pulang #hafal quran

52. Temannya berkata,”Jgn pulang dulu.Sbntr lagi kt sholat Isya!” Tamu itu bilang,”Wah kapok gue, itu imam lama skl sholatnya” #hafal quran

53. Sang rekan menjelaskn bhw itu tradisi mrk di masjid ini bhw shalt maghrib mmg sengaja dipanjangkn bacaannya agr jemaah bs lgsg shlt isya

54. Msh khawtr bakal shalat lama lg si tamu bertanya,”shalat isya jg panjang kayak begini yach?!” #hafal quran

55. Sambil senyum rekan menjawab,”Nggak, shalat isya bacaannya diperpendek koq!” #hafal quran

56. Msh penasaran si tamu bertanya,”emangnya td imam baca surat apaan sich?” “Oh itu surat An Naml!” Jawab si rekan #hafal quran

57. “An Naml itu artinya apa?” Si tamu msh mengejar. Rekannya menjawab, “An Naml itu artinya surat SEMUT.” #hafal quran

58. Msh saja penasaran si tamu tanya lg,”trus shalat isya biasanya beliau baca surat apa?!” Rupanya msh trauma doski shalat dgn bacaan pjg

59. Smbl senyum si rekan brkt,”jgn khawtir biasanya surat yg pendek sprt AL FIIL.” “Al Fiil itu artinya apa?” Tanya si tamu #hafal quran

61. “Gue pulang aah… Surat SEMUT aja panjang bener ampe kaki gue lemes, aplg surat GAJAH!!! #hafal quran

62. Gak tahu aja doski bahwa sbnrnya surat GAJAH (Al Fiil) hny 5 ayat aja lageee…. Hahahahaha :)) #hafal quran

63. Bnyk cara ditempuh org utk bisa #hafal quran. Sjk zaman Rasul yg butuh 22 th utk menghafal, kini bnyk org yg mampu hafal dlm htgn bulan

64. Rupanya ini adlh rahmat Allah Swt bhw Al Quran bs dihafal demikian mudah & dlm wkt singkat #hafal quran

65. Hebatnya lagi, meski ditulis dgn bhs arab. Al quran jg bnyk dihafal org dr negeri2 yg tdk berbhs arab spt di indonesia #hafal quran

66. Di negeri ini ada jutaan manusia yg tlh #hafal quran dan sdg proses menuntaskan hafalannya

67. Hng pada bbrp dekade terakhir #hafal quran mnjd sbh trend hidup di klgn bangsa indonesia. Tdk hny pr santri, kaum perkotaan pun juga

68. Bnyk didapati kini masjid2 di komplek perumahan elit jg masjid di perkantoran kt lihat bnyk muslimin sdg #hafal quran

69. Bahkan surat2 populer spt ar rahman, yasin, alWaqiah, alMulk, AnNaba mnjd hafalan wajib bg mereka yg bersemangat meng#hafal quran

70. Aplg tumbuhnya sekolah & pesantren islam di kalangan muslim kelas menengah mendorong tradisi & gaya hidup #hafal quran

71. Mk tak heran bl kt dapati kini orang tua dan anak2 dlm 1 klrg berlomba2 meng#hafal quran

72. Bukankah ini gejala yg amat baik, tweeps?! Bumi indonesia menggema dgn lantunan ayat2 Allah dr mulut mereka yg sdg meng#hafal quran

73. Dahsyatnya lg bnyk pr guru berpikir keras utk sll menemukan metode2 mudah meng#hafal quran

74. Hng kini muslimin indonesia bs menikmati bbrp cara dan metode utk meng#hafal quran

75. Sy optimis tweeps suatu saat indonesia akan mewabah para peng#hafal quran

77. Ayo tweeps, sy mau dengar dr antum semua… Metode #hafal quran spt apa yg mrnt anda paling mudah…?!

78. Sy tunggu sharing pengalaman anda yg pernah menjajal metode #hafal quran yg termudah… Sy tunggu dlm 5 menit, tweeps!

 

4 responses to “#hafalQur’an

  1. Betapa indahnya hidup kita kalau sampai bisa hafal al-qur’an, sayang jiwa saya masih kurang labil jangankan hafal ngaji aja jarang, cuman ada ke inginan saja yang selalu membayangi namun kemauannya masih kumat kumatan. oh… kapan yah…..????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s