indONEsia

“Nanti setelah belokan ketemu bangjo, nanya di situ aja posisi UNS…”, kata bu Surtini

“Lah, saya ga kenal siapa pula itu Bang Joe…” balas si Togar

**bangjo di daerah jawa tengah (bangjo di jogja dan sekitarnya, artinya lampu lalu lintas –warnanya abang (merah), kuning, ijo makanya disingkat jadi bangjo–, maksud bu Surtini itu setelah ketemu dengan lampu lalu lintas tanya aja ama orang di sekitar itu…**

“Pingggiiiiir Bang….” teriak si Nita di dalam angkot.

“Buset ni anak teriak apaan…” batin supir angkot.

**kalo di medan dan sekitarnya, buat ngasih kode berhenti di dalam angkot pakai kata “pinggir”, kalo di jakarta dan sekitarnya teriak aja “kiri bang”…**

“Nanti naik labi-labi aja kalo mau ke Unsyiah” kata bu Nuni

“Labi-labi?? sejak kapan kura-kura bisa dinaikin…”batin si Doel

**Labi-labi di aceh sebutan buat angkot, kalo di betawi sono -kalo ga salah ya..- sebutan buat kura-kura air tawar**

“Hati-hati, sungainya dalam kali…” nasehat si Rita

“Sungainya bisa kejebur yah??” tanya si Nono dengan wajah oon.

**kata si Rita itu buat ngegambarin kalo sungainya dalam sekali…**

“Saya kesini naik kereta, tuh diparkir di depan halaman” kata Tono kepada calon mertuanya

“Wah, calon mantu gue anak orang kaya nih…” sorak gembira bu Rudi

**kereta kalo di daerah sumatera bagian utara artinya motor, bukan kereta api**

“Bang, Honda-nya abang keren banget!!” puji si Abdullah

“Jiah… Motor gue ber”Garpu Tala” om…” sergah si Joni

**kalo di aceh sini nyebutin motor kadang masih dengan kata Honda meski mereknya Yamaha dan sejenisnya**

“Nanti tolong isiin bensin motorku di galon sana yah” kata Anton

“Hah… Galon aqua bisa buat ngisi bensin yah??” heran si Andre

**galon di aceh sini artinya pom bensin…**

“Ini jangan le…” kata nenek kepada Andi yang tengah kelaparan

“Et dah!! Udah dihidangin sayurnya, kok ga boleh dimakan… Preet…” sungut si Andi sambil tersenyum dipaksakan… Laper bo…

**”jangan” di jawa sana artinya sayur om…**

Wednesday, January 12, 2011 at 12:07am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s