#lelaki

Saya “mengenal” mas Gol A Gong ini melalui karya-karyanya. Salah satu karya yang fenomenal adalah “Balada si Roy”. Sebuah karya yang sangat laki-laki sekali!

Novel pemberontakan yang sangat inspiratif! Sayang.. Saya baru membaca cerita lengkapnya ketika saya menjelang seperempat abad. Maklum, cerita ini adalah novel “klasik”. Novel (atau mungkin lebih tepatnya cerbung yah?) dari akhir tahun 80an dan awal tahun 90an.

Jelas dimasa itu saya masih “cupu”. Masih anak kecil ingusan.

Ketika membaca cerita ini pada medio tahun 2008an, saya mengandaikan bahwa seharusnya saya membacanya ketika SMP atau SMA. Mungkin takdir akan berkata lain. Mengingat kalau saya akan melakukan pemberontakan di usia saya yang sekarang, sungguh sangat konyol.

Namun semangat pemberontakan itulah yang sedang saya tiru.

Well meski jujur saja, saya tidak 100% sepakat dengan isi pemberontakan di dalam novel ini. Namun ada satu hal yang patut digarisbawahi, dicetak bold dengan font miring untuk menegaskan poin utama di novel ini;

MENJADI LAKI-LAKI

Bukan banci, tapi jadi laki-laki!

Tidak seperti figur di televisi maupun di berbagai cerita picisan jaman sekarang. Tapi menjadi laki-laki! Meski digarisbawahi, laki-laki (menurut saya), tidak akan melakukan 100% seperti yang tertulis di dalam novel ini.

Opini saya pribadi, laki-laki tidak akan100%  melakukan hal-hal yang terlarang seperti yang tertulis di dalam novel ini. Beberapa hal tidak saya sepakati sih. Tapi saya hanya mengambil pelajaran bagaimana laki-laki harus bertindak. bagaimana laki-laki harus merespon suatu keadaan. Bagaimana sisi petualangan dari laki-laki.

Laki-laki bukanlah orang yang cengeng. Laki-laki adalah pemberani bagaimanapun resikonya. Laki-laki akan melakukan hal dengan penuh keberanian dan tanggung jawab. Laki-laki berani mewujudkan mimpinya.

Itulah sisi positif dari novel ini.

Tapi sebenarnya saya tidak ingin bercerita tentang novel ini. Hanya ingin berbagi dengan kata-kata inspiratif yang tertuang di dalam akun twitter @Gol_A_Gong mengenai #lelaki. Bentuknya bukan #kultwit, namun saya menyukai beberapa kata-katanya yang sangat berbobot.

Silakan menikmati;

#SarapanPagi Lelaki itu heroik.Tapi yg ada di negeri ini adalah lelaki sakit bengek.Ingin contoh? Lihat itu tim verifikasi calon Ketum PSSI.

#SarapanPagi Jika tidak memiliki karakter lelaki,jangan jadi pemimpin.Jadi kerbau saja.

#SarapanPagi Lelaki tidak melempartkan tanggung jawab kepada orang lain atas kesalahan yang diperbuatnya. Itulah karakter

#SarapanPagi Lelaki berani mengatakan “ya” utk kebenaran dan “tidak” utk kebatilan. Dia akan menjaga martabat keluarganya.

#SarapanPagi Begitu banyak lelaki di negeri payah ini.Mereka bahkan bisa memiliki istri lebih dari 1.Tp,mrk tdk memiliki jiwa lelaki.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s