Selamat Ulang Tahun JIL!!

Selamat ulang tahun JIL! Semoga umurmu pendek dan lekas layu.. Tak ada kemanfaatan dirimu selain penjerumus saudara-saudara kami ke jurang neraka. Tak ada kemanfaatan selain pengadu domba dan pengabur hal-hal yang telah jelas.

Filsafat yang indah mendayu-dayu dikeluarkan dengan logika yang “nyambung” namun berefek sangat luar biasa. “Semua agama sama”, “Islam adalah produk budaya”, “Al-Qur’an diragukan keasliannya”, “Hadist terlihat usang dan kuno”..

Ketika berkoar “Semua agama adalah sama”, “Semua agama adalah benar”.. Banyak yang terpukau. Amboiii.. Indah nian jika kalimat ini diusung oleh berbagai kalangan.

Namun bukankah Islam telah mengajarkan bahwa Ia adalah agama yang BENAR? Karena tak ada yang paling benar. Yang benar adalah satu; ISLAM. Jika memang semua agama benar, lantas mengapa saya harus memeluk Islam? Bukannya jika semua agama sama maka saya akan menjadwalkan sebagai berikut;

Senin –> Sholat ke masjid

Selasa –> Sembahyang ke gereja

Rabu –> Sembahyang ke wihara

Kamis –> Sembahyang ke pura… daaaaaan seterusnya

Padahal Islam telah mengajarkan; Bagiku agamaku dan bagimu agamamu (QS.109), yang mencukupkan bahwa Islam adalah agama yang BENAR. Tidak perlu klaim atas agama lain karena Islam adalah BENAR. Yang lain itu urusan dapur masing-masing..

Namun, logika itu membunuh aqidah bagi umat muslim. Sebuah prinsip yang paling utama bagi setiap muslim. Ia adalah tulang punggung yang menegakkan Islam. Namun dengan logika yang “memukau”, tulang punggung ini digerogoti kekokohannya.

Banyak logika-logika nyeleneh dari organisasi ini. Yang pelan tapi pasti berusaha mengeluarkan umat Islam dari agamanya. Islam KTP sebutannya jaman sekarang. Orang Islam tapi ia tidak berpikir serta bertindak secara Islam.

Namun Alhamdulillah, masih ada rekan-rekan yang mempunyai argumen mencerahkan mengenai JIL dan konco-konconya ini. Mematahkannya dengan pemikiran yang amat sederhana. Yang membuktikan kerapuhan pemikiran JIL. Membuktikan argumentasi-argumentasi yang mereka keluarkan pada akhirnya hanyalah argumen yang rapuh.

Sila menikmati #kultwit oleh @malakmalakmal, Akmal Syafrie, penulis Islam Liberal 101

01. Menyambut ultah JIL, ada baiknya kita membahasnya sedikit. Semacam napak tilas sejauh apa perkembangannya. #Islib

02. Jati diri JIL sebenarnya bisa kita lihat pada situsnya http://bit.ly/ePnfGJ. Informasi ini tidak ditutup2i. #Islib

04. Landasan pertama adalah membuka pintu ijtihad pd semua dimensi Islam. #Islib

05. Kata “semua” dlm landasan pertama mmg benar2 ada. Jd bagi Islam liberal, tidak ada yg final dlm Islam. #Islib

06. Ini bertentangan dgn artikel di blog @ulil http://bit.ly/dketRK, dimana Ulil mengatakan bhw tdk semua blh diubah. #Islib

07. Dlm artikel tsb, @ulil memberi kesan bhw Islam liberal tdk mencoba mengubah2 hal yg sdh pasti dlm Islam. #Islib

08. Bagaimanapun, kata “semua” dlm landasan pertama Islam liberal, sesuai rumusan JIL, benar2 ada. #Islib

09. Landasan kedua adalah mengutamakan semangat religio etik, bukan makna literal teks. #Islib

10. Dari sini kita melihat pelaksanaan langsung dr landasan pertama, yaitu pengaburan sistem nilai. #Islib

11. Apa makna semangat religio etik? Apa batas2nya? Bagaimana mengaplikasikannya? Tidak ada batasan pasti. #Islib

12. Sebaliknya, hal yg sudah pasti (yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah, yg mrk sebut “teks”) justru diabaikan. #Islib

13. Dgn demikian, kita bisa katakan bhw Islam liberal memang membenci keyakinan dan mencintai ketidakpastian. #Islib

14. Ini mengingatkan kita pd QS 2:2, dimana secara tegas dipastikan bhw TIDAK ADA KERAGUAN thd Al-Qur’an. #Islib

15. Hal tsb sangat kontras dgn kebatilan dan kekufuran yg selalu diasosiasikan dgn keraguan dan kegelapan. #Islib

16. Menurut landasan kedua ini, mengikuti Qur’an dan Sunnah saja akan melumpuhkan Islam. #Islib

17. Sedangkan solusi yg mrk tawarkan adalah mengikuti semangat religio etik, yg tdk jelas batasannya spt apa. #Islib

18. Pdhal, batasan kebenaran di masing2 agama jelas berbeda2. Sangat mungkin JIL mengambil ajaran dr luar Islam. #Islib

19. Mengenai hal ini, sudah tdk ditutup2i lagi. Banyak aktifis #Islib yg mengaku mengambil ajaran dr luar Islam.

20. Landasan ketiga adalah mempercayai kebenaran yang relatif, terbuka dan plural. #Islib

21. Relativisme adalah ideologi yg kontroversial, bahkan dianggap aneh oleh sebagian org. #Islib

22. Relativisme membuat org senantiasa merasa tidak pasti, sehingga selalu kebingungan. #Islib

23. Relativisme jg memberi kesan seolah2 manusia tidak pernah tahu apa itu kebenaran. #Islib

24. Ini, tentu saja, sangat kontradiktif dengan pemujaan #Islib thd akal. Bahkan wahyu pun dikorbankan.

25. Jadi, dlm hal mengubur wahyu, #Islib sangat memuja akal. Namun ketika mrk dikritik, mrk bilang akal itu relatif.

26. Ketika org menyampaikan pendapat, mrk tuduh klaim kebenaran. Pdhal relativisme itu jg sebuah klaim kebenaran. #Islib

27. Dgn kata lain, relativisme itu sendiri adalah absolutisme terselubung. #Islib

28. Tdk jauh beda dgn para pemimpin negara komunis. Rakyat disuruh prihatin, mrk sendiri hidup bagai raja. Itulah #Islib

29. Landasan keempat adalah memihak pada yang minoritas dan tertindas. #Islib

30. Landasan keempat ini, dlm konteks Indonesia, menjelaskan mengapa #Islib tak pernah memihak pd Islam. Krn mayoritas.

31. Di sisi lain, relativitas nilai dan kekaburan agama yg mrk tumbuhkan jg membuat rancu definisi “tertindas”. #Islib

32. Sbg contoh, apakah Ahmadiyah itu tertindas krn dilarang, atau Islam yg tertindas krn dipaksa mengakui Ahmadiyah? #Islib

33. Jawaban atas pertanyaan ini sangat ditentukan oleh sistem nilai yg kita pegang. #Islib

34. Jika berpegang pd Qur’an dan Sunnah, maka Ahmadiyah-lah yg telah menodai ajaran Islam. Islam ditindas. #Islib

35. Namun jika berpegang pd hal2 lain, misalnya kebebasan tanpa batasan, maka Ahmadiyah-lah yg dibilang tertindas. #Islib

36. Tentu saja, kita sudah tahu sistem nilai yg dipegang oleh #Islib, yaitu relativisme. Jd jelas mrk akan bela Ahmadiyah.

37. Kita dpt melihat dgn jelas betapa penilaian baik dan buruk, benar dan salah itu tdk selalu universal. #Islib

38. Sistem nilai yg kita yakini, terutama agama, akan menentukan cara kita membedakan benar dan salah. #Islib

39. Dlm hal ini, krn sdh membuat sistem nilai yg dianggap superior drpd Islam, maka #Islib bisa disebut sbg agama baru.

40. Landasan kelima lbh memperjelas ideologi #Islib : meyakini kebebasan beragama.

41. Ada dua poin yg digunakan dlm menjelaskan landasan kelima ini, sbgmn bs dibaca pd situs resmi JIL. #Islib

42. Pertama, beragama maupun tidak beragama adalah hak seluruh manusia. #Islib sepenuhnya mendukung atheisme.

43. Kedua, #Islib tdk mendukung persekusi atas dasar kepercayaan.

44. Definisi “persekusi” ini pun menjadi ‘pasal karet’, krn tergantung sistem nilai yg kita pegang. #Islib

45. Hukuman mati bisa dianggap solusi yg baik, namun ada jg yg bilang melanggar HAM. Krn beda nilai. #Islib

46. Dgn demikian, hukum yg ditegakkan oleh syariat bisa saja dianggap sbg persekusi, krn dasarnya keyakinan. #Islib

47. Inilah wajah asli sekuler yg sudah sering saya bahas: anti segala sesuatu yg berbau agama. #Islib

48. Gagasan apa pun, secemerlang apa pun, jika dari agama atau keyakinan, maka hrs ditolak. #Islib

49. Landasan keenam adalah memisahkan otoritas duniawi dan ukhrawi, otoritas keagamaan dan politik. #Islib

50. Landasan terakhir ini adalah esensi paling jelas dari ideologi sekularisme, sebuah ideologi yg penuh dualisme. #Islib

51. Apa makna dr pemisahan otoritas duniawi dan ukhrawi? Apakah Tuhan tdk punya otoritas di dunia? #Islib

52. Pdhal, dlm Islam dan agama2 lainnya, apa yg kita perbuat di dunia berimplikasi di akhirat. #Islib

53. Jika di dunia Tuhan tdk punya otoritas, lantas apa bahan pertimbangan utk di akhirat kelak? #Islib

54. Islam tdk mengenal dualisme tsb. Dunia adalah lahan mencari bekal utk di akhirat. #Islib

55. Di dunia beribadah kpd Allah, di akhirat hidup di surga-Nya dlm keridhaan-Nya. Itulah esensi hidup mnrt Islam. #Islib

56. Tentu saja, landasan berpikir #Islib ini menjadi kontradiktif dan tumpang tindih. Konsep akhirat hrs mrk perhitungkan.

57. Oleh krn itu, mrk pun menciptakan ‘rekayasa’ berikutnya, yaitu membangun konsep akhiratnya sendiri. #Islib

58. Misalnya, mrk beretorika bhw kalau hanya umat Islam yg di surga, maka kita akan kesepian di dlmnya. #Islib

59. Mrk jg berkhayal bhw surga memiliki banyak pintu, dan masing2 umat agak masuk melalui pintu agamanya msg2. #Islib

60. Imajinasi semacam ini sdh pasti tdk sejalan dgn Qur’an dan Sunnah. Semua dpt menilai dgn mudah. #Islib

61. Konsep kesepian tdk pernah ada dlm konteks penghuni surga. Tdk ada penghuni surga yg kesepian. #Islib

62. Jgnkan kesepian, bahkan penghuni surga tak merasa sedih melihat nasib para penghuni neraka. (QS 7:44) #Islib

63. Ini krn Allah telah mencabut perasaan tdk nyaman dr hati mrk, dan mrk selalu ridha dgn ketetapan Allah. #Islib

64. Simaklah QS 7:50, ketika pr penghuni neraka meminta air, dan penghuni surga menolak permintaannya. #Islib

65. Alasannya? Krn Allah telah mengharamkannya bagi para penghuni neraka. #Islib

66. Dari segala segi, landasan berpikir ala #Islib senantiasa bertentangan dgn Qur’an dan Sunnah.

67. Krn itu, salah satu modus operandi mrk adalah melakukan penyerangan thd kedua referensi umat Islam tsb. #Islib

68. Dlm hal ini, para aktivis #Islib senantiasa mengulang2 teori2 kaum orientalis. Tidak pernah ada yg baru.

69. Walaupun mrk selalu menyebut dirinya “pembaharu”, namun gagasan2 mrk sebenarnya sudah berusia ratusan tahun. #Islib

70. Terminologi yg mrk gunakan skrg tdk ada bedanya dgn gagasan2 Soekarno sejak th 1930-an. #Islib

71. Ketika itu Soekarno mencela para ulama fiqih, memuji sekularisme, memuja akal, dan seterusnya. #Islib

72. Dahulu Soekarno didebat keras oleh Moh. Natsir. Anehnya, argumen2 yg sama masih diulang2 hingga kini. #Islib

73. Dulu Soekarno mengutip buku Ali Abdurraziq, kemudian Nurcholish Madjid mengulanginya. #Islib

74. Sampai skrg pun masih ada aktivis #Islib yg mengutip pemikiran Ali Abdurraziq tsb. Tidak ada kemajuan.

75. Ada jg aktivis muda #Islib yg mendiskreditkan hadits dgn teori2 Joseph Schact, Goldziher, Margoliouth dll. #Islib

76. Pdhal teori2 tsb sdh dibantah tuntas oleh Syaikh al-A’zhami. Dgn sampai skrg blm ada yg membantah balik. #Islib

77. Jgn heran kalau di toko2 buku terkemuka tiba2 ketemu buku Joseph Schacht. Berkat lobi siapa? #Islib

78. Pemikiran2 #Islib, krn tdk punya landasan yg kuat (krn selalu relatif), maka akan selalu rapuh.

79. Itulah sebabnya kita jarang sekali menemukan buku2 karya mrk yg BUKAN kumpulan artikel. #Islib

80. Jgn buru2 kagum dgn buku2 karya Nurcholish Madjid atau Gus Dur yg tebal2. Kebanyakan kumpulan artikel. #Islib

81. Dlm buku #ArsitekPeradaban, @anismatta jgn menyindir org yg menyebut dirinya cendekiawan stlh menulis 1 buku saja. #Islib

83. Itulah #Islib. Pemikirannya penuh dgn inkonsistensi. Konsep2 mrk berserak bagai daun gugur.

84. Oleh krn itu, rekayasa yg mrk lakukan pun senantiasa berkembang. Mrk selalu cari ‘celah’ baru. #Islib

85. Jgn bandingkan dgn Islam yg memang kokoh sejak dulu, tdk plintat-plintut. #Islib

86. Skrg, #Islib jg mulai memasuki ranah politik. Para aktivisnya ramai2 menyeberang ke berbagai partai.

87. Krn pegangannya tdk kukuh, maka hingga detik ini pun definisi Islam liberal msh blm jelas. #Islib

88. Orang utan bkn orang, buaya darat bkn buaya. Islam liberal sdh jelas jatidirinya. #Islib

89. Marilah berpegang teguh pd tali Allah dan jgn bercerai-berai. Pegang teguhlah Qur’an dan Sunnah, insya Allah aman dr #Islib

One response to “Selamat Ulang Tahun JIL!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s