#hafalQur’an

Juz 30 saja saya masih keteteran. Hingga saya bingung kelak bagaimana jika saya menjadi imam bagi istri saya. Mosok mau baca 4 “qul” melulu ketika sholat. Tapi memang setelah saya belajar jadi #kultwit Ustadz Bobby Herwibowo Lc, salah satu founder founder http://www.al-kauny.com sebuah website di bidang dakwah wa bil khusus di bidang hafalan Qur’an. Memang salah satu “penyakit” saya adalah tiadanya kemauan yang kuat dan kesungguhan.

Jadi malu…

Tapi, bismillah… Di dalam kultwit yang dicopas dari akun twitter @bobbyherwibowo ini, mari kita sama-sama membumikan Al-Qur’an..

Silakan menikmati sajian ilmu ini;

 

1. #hafal quran adalah perkara yg menakjubkan. Tdk ada buku di dunia ini yg bs dihafal spt Al Quran

2. Al Quran bgt dahsyat hingga demikian mudah utk bisa dihafal. Jutaan org sdh menghafalnya. Tdk spt buku lain #hafal quran

3. Sy sendiri menulis bbrp buku. Namun sy tdk hafal apa yg sy tulis. Namun #hafal quran sy bs menuliskan hafalan sy dgn demikian teliti

4. Percayalah, tweeps… #hafal quran itu begitu mudah dan mengasyikkan…. Anda bisa tambah pintar dan…. Awet muda. Ini serius nich…!

5. Sedemikian detil manusia #hafal quran hingga jgnkan ada 1 surat yg diubah. Satu harakat pun berubah bnyk org yg tahu dan meluruskannya…

6. Ini pengalaman nyata yg sy mau ceritakan… Betapa org mengerti kekeliruan saat ada yg baca al quran dgn tdk benar #hafal quran

7. Seorg pria jd imam shalat dan ia baca surat Al Qadar. Ia membaca, INNA ANZALNAHU FI LAILATUL QADR. Jemaah meluruskan dgn mengatakan TIL

8. Maksudnya yang betul bukan INNA ANZALNAHU FI LAILATUL, tapi LAILATIL #hafal quran

9. Maka si imam meralat bacaannya dan ia membaca spt yg dikoreksi oleh jemaah. Maka ia ubah TUL jadi TIL #hafal quran

10. Namun diayat kedua ada redaksi yg sama. Maka cara bacanya pun dilafalkan oleh si imam dgn bacaan…. #hafal quran

11. WAMAA ADRAKA MAA LAILATIL QADR…. imam menyamakan harakat LAILATIL pada ayat 1 dgn 2. Namun jemaah nyeletuk dgn berkt TUL #hafal quran

12. Maksudnya kata yg betul pd ayat kedua adalah LAILATUL bukan LAILATIL…. Wah dua kali salah nih imam. pertama dia blg TUL dikoreksi TIL

13. Diayat ke2 dia sebut TIL dibilang TUL. Mk bacaan pun ia koreksi…. Nmn krn sdh 2 kali salah,ia bingung menghadapi kata LAILAT di ayat 3

14. Maka krn bingung, eh dia menoleh ke belakang sambil nanya kepada jemaah sbb khawtir salah lagi utk kali yg ketiga #hafal quran

15. Imam berkata kpd jemaah, “Hey, yg ini TUL apa TIL?” Jemaah pun kompak menjawab, “TUL” #hafal quran

16. It’s a joke, tweeps.Tp itu cerita asli.Pelajarannya adlh meski kata dlm bhs arab nmn beda harakat sj maka makna bs berubah #hafal quran

17. Balik ke masalah #hafal quran Bnyk org bilang umur udah tua begini gak mungkin lg #hafal quran

18. Sebtulnya itu keliru. Kalimat spt itu sesungguhnya under estimate ats kemampuan kt yg luar biasa #hafal quran

19. Bukan faktor umur tweeps yg membuat susah #hafal quran Nmn sesungguhnya adalah TEKAD & KEMAUAN

20. Coba lihat Rasul Saw & para sahabat umur brp nerima wahyu Al Quran pertama kali? Usia Rasul st menerima wahyu adlh 40 thn #hafal quran

21. 114 surat dan 30 juz isi Al Quran dihafal dlm tempo 22 thn lebih. Itu artinya umur 40-62 thn Rasul dan shbtnya #hafal quran Tua gak?

22. Hebatnya lagi selama 22 thn mereka meng#hafal quran namun susunan surat msh random & berantakan

23. Wahyu pertama turun adlh al alaq lalu al muzammil, al mudatsir dst.Pd ramadhan terakhir Rasul hidup, Jibril datang 2 kali #hafal quran

24. Jibril datang utk beritahukan susunan Al Quran yg spt skrg dimulai dr Al Fatihah. #hafal quran

25. Ayo bayangin tweeps, udah 22 thn #hafal quran eh disuruh format ulang. Dahsyat!!! Ini menggambarkan selalu ada jalan bl ada kemauan

26. Jadi kendala #hafal quran bukan karena faktor umur, tp soal TEKAD & KEMAUAN

27. Utk memotivasi tweeps utk #hafal quran maka sy ingin ajak tweeps gabung ke club elit & plg exclusive sedunia. Pada mau gak?

28. Club ini tdk hny menyoal prestise dunia aja. Tp juga dunia-akhirat. Membershipnya limited dan berisikan org2 elit

29. Club itu adalah club peng#hafal quran. Sbb mereka adlh org2 terdekat di sisi Allah

30. Rasul bersabda, “Ahli Quran adlh keluarga Allah dan org2 terdekat kpdNya” #hafal quran

31. Mereka selalu punya akses kpd Allah 24 hours/day. Rahmat bercucuran kpd mrk dan keridhaanNya tdk pernah putus bt mrk #hafal quran

32. Belum lagi mrk selalu mengulang2 hafalan scr terus-menerus. Ganjaran kebaikan utk mrk bgt banyak bt mereka #hafal quran

33. Sbb Rasul bersabda, “siapa yg baca 1 huruf Al Quran mk baginya 10 pahala”. Bayangin tweeps brp ganjaran peng#hafal quran stp hari?

34. Kejayaan ummat ini adlh ktk mrk meng#hafal quran. Smntr musuh2 sll berupaya agr kt jauh dr quran

35. Ayo tweeps, inspirasi pagi ini bt kalian semua adalah: Perhatikan pr tokoh hebat umat ini. Mrk mnjd luar biasa krn mrk #hafal quran !!!

36. Manusia yg #hafal quran punya kekuatan memory, kemampuan nalar, daya analisa dan sejuta kehebatan lain yg tdk dimiliki manusia biasa

37. Mrk spt manusia genius yg tnp batas. Bisa #hafal quran sklgs jd ahli politik, ahli antropolog, ahli kimia, fisika, kedokteran, dll

38. Nama2 brkt adlh bukti tinta emas sejarah islam yg meng#hafal quran&mnjd manusia SUPER; alGhazali,ibnu sina,bukhari,muslim,khawarizmi,dll

39. Namun pr pemalas masih berkilah, “Mrk khan gak kena macet… Blm ada tv, internet dan twitter. Jd msh pny waktu utk #hafal quran

40. Tdk tweeps, sekali lagi kuncinya adalah KEMAUAN!!! #hafal quran

41. Hng ummat ini kehabisan bekal #hafal quran mrk. Sudah lupa dgn firman2 Allah dan hidup mrk terasa hambar tak bernilai

42. Kebiasaan hidup mudah & instan menjadi karakter mrk hng menganggap #hafal quran is impossible right

44. Hal ini bukanlah salah, nmn tnp terasa degradasi parah terjd pd ummat tnp disadari #hafal quran

45. Hng kl ada imam baca surat yg agak panjang. Para makmum gak tahu kenapa pada kompak batuk & berdehem…

46. …Seolah isyarat kpd imam agr jgn panjang2 bacaannya. Pdhl Rasul bl shalat berjamaah mk bacaan suratnya berkisar 60-100 ayat stp rakaat

47. Hng nih terjadi sbh peristiwa di sbh masjd di bilangan JakSel. Imamnya seorg hafiz & jemaah terbiasa ikut shalat dgn bacaan panjang

48. Biasanya di masjid itu imam mmperpanjang bacaan shalat maghrib hng biasanya bgt usai salam mk waktu hny tersisa bbrp menit

49. Seorg pria bermaksud bertamu kpd temannya yg jd jemaah masjid tsb. Maka tamu itu diajak shalat maghrib di masjid #hafal quran

50. Kebetulan sore itu, imam membaca surat An Naml yg cukup panjang dgn 93 ayat. Semua jemaah menikmati bacaan imam, nmn tdk dgn tamu td

51. Usai shalat dengkulnya terasa lemas dan betisnya keram. Ia mengeluh kpd rekannya dan mengajak pulang #hafal quran

52. Temannya berkata,”Jgn pulang dulu.Sbntr lagi kt sholat Isya!” Tamu itu bilang,”Wah kapok gue, itu imam lama skl sholatnya” #hafal quran

53. Sang rekan menjelaskn bhw itu tradisi mrk di masjid ini bhw shalt maghrib mmg sengaja dipanjangkn bacaannya agr jemaah bs lgsg shlt isya

54. Msh khawtr bakal shalat lama lg si tamu bertanya,”shalat isya jg panjang kayak begini yach?!” #hafal quran

55. Sambil senyum rekan menjawab,”Nggak, shalat isya bacaannya diperpendek koq!” #hafal quran

56. Msh penasaran si tamu bertanya,”emangnya td imam baca surat apaan sich?” “Oh itu surat An Naml!” Jawab si rekan #hafal quran

57. “An Naml itu artinya apa?” Si tamu msh mengejar. Rekannya menjawab, “An Naml itu artinya surat SEMUT.” #hafal quran

58. Msh saja penasaran si tamu tanya lg,”trus shalat isya biasanya beliau baca surat apa?!” Rupanya msh trauma doski shalat dgn bacaan pjg

59. Smbl senyum si rekan brkt,”jgn khawtir biasanya surat yg pendek sprt AL FIIL.” “Al Fiil itu artinya apa?” Tanya si tamu #hafal quran

61. “Gue pulang aah… Surat SEMUT aja panjang bener ampe kaki gue lemes, aplg surat GAJAH!!! #hafal quran

62. Gak tahu aja doski bahwa sbnrnya surat GAJAH (Al Fiil) hny 5 ayat aja lageee…. Hahahahaha :)) #hafal quran

63. Bnyk cara ditempuh org utk bisa #hafal quran. Sjk zaman Rasul yg butuh 22 th utk menghafal, kini bnyk org yg mampu hafal dlm htgn bulan

64. Rupanya ini adlh rahmat Allah Swt bhw Al Quran bs dihafal demikian mudah & dlm wkt singkat #hafal quran

65. Hebatnya lagi, meski ditulis dgn bhs arab. Al quran jg bnyk dihafal org dr negeri2 yg tdk berbhs arab spt di indonesia #hafal quran

66. Di negeri ini ada jutaan manusia yg tlh #hafal quran dan sdg proses menuntaskan hafalannya

67. Hng pada bbrp dekade terakhir #hafal quran mnjd sbh trend hidup di klgn bangsa indonesia. Tdk hny pr santri, kaum perkotaan pun juga

68. Bnyk didapati kini masjid2 di komplek perumahan elit jg masjid di perkantoran kt lihat bnyk muslimin sdg #hafal quran

69. Bahkan surat2 populer spt ar rahman, yasin, alWaqiah, alMulk, AnNaba mnjd hafalan wajib bg mereka yg bersemangat meng#hafal quran

70. Aplg tumbuhnya sekolah & pesantren islam di kalangan muslim kelas menengah mendorong tradisi & gaya hidup #hafal quran

71. Mk tak heran bl kt dapati kini orang tua dan anak2 dlm 1 klrg berlomba2 meng#hafal quran

72. Bukankah ini gejala yg amat baik, tweeps?! Bumi indonesia menggema dgn lantunan ayat2 Allah dr mulut mereka yg sdg meng#hafal quran

73. Dahsyatnya lg bnyk pr guru berpikir keras utk sll menemukan metode2 mudah meng#hafal quran

74. Hng kini muslimin indonesia bs menikmati bbrp cara dan metode utk meng#hafal quran

75. Sy optimis tweeps suatu saat indonesia akan mewabah para peng#hafal quran

77. Ayo tweeps, sy mau dengar dr antum semua… Metode #hafal quran spt apa yg mrnt anda paling mudah…?!

78. Sy tunggu sharing pengalaman anda yg pernah menjajal metode #hafal quran yg termudah… Sy tunggu dlm 5 menit, tweeps!

 

Moll

“Hah, pake sandal?!?!”, begitulah ekspresi kekagetan ibu ketika melihat *kostum* anaknya yang aneh. Dari penampakan atas kelihatan rapi — well, ini pendapat objektif (objektif?? :D) saya pribadi sendiri yang menurut saya sudah rapi dibandingkan dengan hari-hari yang lain — sedangkan ketika melihat kaki saya masih terbungkus sandal gunung yang biasa saya pakai.

Langsunglah segala “wejangan” mampir di telinga saya.. Ha ha ha.. Ga perlu saya ceritakan panjang lebar-lah gimana ekspresi rasa sayang ibu dalam bentuk omelan itu.. 😀

Lantas, saya hanya berargumen tentang kekonyolan salah seorang sahabat yang ketika itu tengah menghadiri resepsi pernikahan kawan kami. Tentang kostum nyleneh teman-teman yang “unik”. Soalnya ketika acara resepsi itu, tak ada kawan kami yang memakai busana resmi. Semuanya “gaul” alias mengenakan pakaian “asal nyaman”nya anak muda.

Atasan make kaos, bawahan jeans sedangkan kaki mengenakan sandal. Nyaman dan praktis khas anak kuliahan.

Dan tibalah saat konyol itu. Salah seorang sahabat saya yang mengenakan kostum asal nyaman itu tiba-tiba menyeret kakinya katika menuju atas panggung untuk berfoto bersama. Meringis sahabat itu. Dan ketika kami sadar tentang apa yang terjadi, meledaklah tawa kami.

Apa yang terjadi?

Ternyata sandal jepit yang dikenakan sahabat saya itu putus ketika di tengah perjalanan menuju panggung. Mau mundur ga bisa karena sudah kadung berapa langkah lagi menuju panggung pengantin, mau maju juga sensi dengan kejadian naas itu.

Maju kena, mundur kena. Seperti pak esbeye saat ini.. 😀

Tapi tetap saja ibu ga bisa menerima. Maklum, anak mudanya ini memang kurang tanggap dengan situasi.

Yaah, salah saya juga sih. Lebih mempertimbangan kenyamanan saya sendiri dibandingkan dengan orang lain. Well, setidaknya ketika saya rapi, bisa membuat senang orang yang memandang bukan? Dan membuat senang orang lain berarti pahala bagi saya juga.

Eniwey busway bambang bombai siomay.. Jadilah saya pergi ke mall (baca moll, dengan memonyongkan bibir membentuk lingkaran “O” dan logat kebritish-british’an yang ber cengkok aneh) malam harinya. Sekedar buat survei harga dan menikmati malam-malam rame yang terlewatkan ketika saya berada di aceh.

Maklum, tempat yang saya tinggali dekat dengan area kuburan massal korban tsunami dan di sekeliling rumah dinas itu terdapat rawa-rawa yang jadi tempat tinggal beberapa binatang melata semacam biawak dan beberapa sodaranya. Bayangkan suasana “creepy”nya di malam hari. Apalagi dibumbui dengan deru angin pantai ketika pagi.. Brrr..

Tapi saya suka dengan suasana itu. Tenang.

Di mall yang penuh gemerlap dengan cahaya lampu warna warni itu, berisiknya musik yang mengalun di panggung di tengah pusat mall itu. Pandangan saya tertohok kepada para ibu yang tengah menikmati refleksi kaki dengan alat makanik.

Cukup 5 ribu rupiah doang untuk menikmati layanan kesehatan itu. Setelah berjam-jam menikmati window shopping di mall itu tentunya bikin kaki pegal. Setara dengan mengayuh sepeda sekian kilo kalo di dalam iklan pocari sweat.

Kaki yang pegal mengingatkan saya kepada sebuah kisah.

Tentang Sang Nabi yang kakinya bengkak karena semalaman sholat.

“Apakah tak boleh aku menjadi hamba yang bersyukur?”, begitulah kalimat yang keluar dari lelaki mulia itu.

Ah.. Kok terasa syurga masih teramat -amat sangat- jauh ya??

 

January 30, 2011 at 10:16pm

LTAM #3; Kenapa Harus Pacaran?

Let’s Talk About Marriage #3

“Nung mana profil pacar Hanung?”, tanya seorang rekan kerja ketika saya membuka halaman muka facebook. (ini muka ketemu ama muka….)

Dan saya nyengir dengan lebarnya.

Maklum, saya bujangan, ganteng (jujur, cowok memang ganteng bukan? kalo cowok dibilang cantik, itu tanda ga normal) dan sudah berma’isyah alias berpenghasilan. Yaaah meski jauh dari tanah kelahiran dan keluarga di seberang pulau sana, tidak menutupi bahwa saya sudah lumayan mampu.

Setidaknya jika dibandingkan dengan beberapa orang yang saat ini masih kuliah atau bahkan masih SMA atau yang lebih cupu lagi kalau ia masih SMP kalau diimajinasikan di balik punggungnya ada tulisan; “Awas anjing galak!! sudah ada yang punya”.

**Saya saat ini mungkin bisa diketawain anak SMP-SMA-Kuliahan diatas itu; “Kasian deh loooo maaaas, ga punya pacaaar…..”

Tapi saya tidak pacaran. Juga bahkan tidak punya pacar.

Well, dunia saat ini memang aneh. Hal yang seharusnya tidak wajar menjadi wajar dan hal yang seharusnya wajar menjadi tidak wajar.

Wajar bukan jika saya tidak pacaran?

**Lagi-lagi anak SMP-SMA-kuliahan diatas pada ketawa; “Aneh….”

Lupakan status saya yang pernah nyambi jadi anak ngaji di masa kuliah. Lupakan! Karena banyak pula yang disadari atau tidak, banyak aktivis (dulunya dan sekarang masih jadi) ternyata banyak yang terperosok di dalam ketidakwajaran yang menjadi wajar ini. Status masa lalu bukanlah cerminan di masa depan!

Saya tidak akan berbicara tentang dosa dan sebagainya. Sudah ada yang sangat-sangat-sangat berkompeten dalam membahas itu. Dan kompetensi saya bukan di bidang itu.

Jadi…. Kenapa harus pacaran?

Well, saya tidak tahu apa jawabnya…

Yang jelas, ada beberapa pertanyaan yang harus diajukan kepada diri pribadi saya dan tentunya pembaca notes ini.

“Sudahkah saya siap untuk bertanggung jawab?”

Please… Jawab dengan jujur.

“Terus bagaimana bentuk pertanggung jawaban saya itu?”

Please… Pertanyaan ini bukan hanya kudu dijawab. Tapi HARUS dibuktikan!

Bagi saya sendiri pacaran yang digadang-gadangkan di zaman sekarang ini adalah suatu bentuk kelepasan tanggung jawab bagi laki-laki. Ia hanyalah kenikmatan yang berlepas diri dari sebuah tanggung jawab yang besar. Dari fakta yang ada, kebanyakan bentuk pacaran zaman sekarang adalah bentuk kesenangan sesaat yang kudu dimanfaatkan selagi masih muda. Prinsipnya; “gue happy dan elo juga happy”.

Saling sapa lewat telepon (zaman saya SMA ga punya hape… jadi kalo mo nelepon “temen” kudu lewat wartel… :D), janjian jemputan di mana gitu, janjian traktir-traktiran daaaaaan berbagai bentuk kesenangan dan kenikmatan lainnya. (di pajak ini disebut natura… :D)

Ini adalah bentuk pacaran level “cupu”. Sedangkan level berikut-berikutnya pacaran cenderung mengarah ke perzinahan. Dari sekedar pegang-pegangan tangan, peluk-pelukan sampai urusan ranjang.

Saya sampai heran jika sudah bunting duluan. Mana akal sehat itu? Mana nurani yang harusnya bisa bilang bahwa hal itu salah? Kalo udah bunting, siapa yang nanggung? Kok mau-maunya pula si cewek diajak begituan? Dan cowok brengsek mana yang dikepalanya hanya urusan begituan?

Please… Buat kaum perempuan, hati-hati ama cowok model beginian. Hindari jauh-jauh serigala macam gini. Yang maunya enak doang, yang maunya gampangan doang…

Buat para cowok… Please… Jadilah cowok yang punya dikit tanggung jawab. Kalo belum mampu yaaa ga usah dipaksa. Kalo ada cowok yang bilang; “Tunggu gue seribu tahun lagi say…” Itu bullshit!! Kalo cinta, elu ga bakal ngerusak orang yang lo cintai!! Kalo cinta, elo ga bakal nggantungin nasib cewek dengan ketidakpastian!! Kalo cinta, elo bakal tanggung jawab ama perasaan elo!!

Buat yang pernah dan sekarang-pun masih jadi aktivis.. Aktivis Islam lagi! Please… Mari jaga idealisme yang pernah diukir dan dipahat di dalam hati.

Please… jatuh cinta itu wajar…

Wajar sekali…

Bukan untuk dihindari…

Tapi jika memang cinta itu belum saatnya… Mungkin itulah sebuah ujian dari Alloh tentang komitmen yang terukir dan terpahat di dalam hati. Banyak komitmen.

Banyak.

Komitmen tentang keluarga Islami, tentang masyarakat Islami dan tentang peradaban Islami. Bukannya hal itu harus dimulai dari diri sendiri?

##epilog## Dalam hal ini saya tidak merasa suci. Bahkan jika Alloh membuka aib saya sendiri, niscaya banyak hal-hal yang seharusnya tidak saya lakukan maupun saya kerjakan.

Ini adalah sebuah muhasabah bagi “kita” yang mengaku sebagai aktivis atau kita yang sempat mengecap indahnya ukhuwah di masa kuliah kampus maupun masa sekarang. Bahwa memang tak mudah mengatur kecenderungan hati.

Tak mudah memang.

Tapi setidaknya, saat ini dimulai dari diri sendiri untuk mengatur kembali komitmen yang mungkin sempat melenceng dari jalurnya yang benar.

Jikapun belum pernah melenceng, berbahagialah! Alloh telah menjaga diri anda dari banyaknya mudharat di zaman ini.

Namun jikalau saat ini atau dulu pernah melenceng. Ingatlah dengan sebuah Qudsi; “Jika hamba-Ku mendekat sedepa, Aku mendekatinya sehasta. Jika hamba-Ku menghampiri dengan berlari, maka Aku akan menghampirinya sambil berlari”…

Sungguh, jika diri mampu memacu untuk berubah. Maka Alloh akan memberikan jalannya. InsyaAlloh selama diri sendiri mampu untuk memacu mendekat kepadaNya. Semoga Alloh selalu memberikan segala kemudahan untuk memacu diri agar terus menerus memperbaiki diri…

Tuesday, January 18, 2011 at 9:44pm

 

**Tulisan ini tercipta ketika ada salah seorang rekan kerja yang nanya-nanya tentang pacar pas saya membuka facebook di kantor pas pagi hari menjelang sarapan. Terpikirkan juga beberapa kejadian yang berlalu dan telah lalu di masa lalu. Terbayang beberapa curhat para sahabat tentang masalah ini.

Ternyata memang di masa kini dan dengan posisi yang berbeda ketika masa kuliah, memang beda tantangannya. Beda kondisi dan situasi.

Ketika masa kuliah terkondisikan dengan situasi anak ngaji yang sering nongkrong di MBM dihadapkan dengan kondisi masa kini yang sangat majemuk seringkali ada kesenjangan antara teori dan realita.

Memang tak semua alumni aktivis kampus mengalami masalah ini. Tapi realita yang ada beberapa mengalaminya.

Mungkin ini sebagai sebuah muhasabah bagi diri saya pribadi agar selalu menjaga komitmen untuk memberikannya kepada orang yang berhak..

#prinsipTwitteran

Saya termasuk orang yang “cupu” di dalam twitter, udah lama bikin tapi baru sering digunakan akhir-akhir ini. Pada awalnya bingung dengan media ini. Kok buanyak banget “gedabrusannya”. Dan maaf, rata-rata kok “ga penting” ketika itu.

Tapi saya sadar bahwa di dalam twitter ini, saya bebas untuk memfollow siapa saja. Dari yang berbeda pandangan hidup dengan saya sampai dengan orang yang seiya sekata dengan saya. Namun yang saya sadari, ada potensi kebaikan di dalam kata-kata mereka. Dan kemudian ada sebuah #kultwit yang menarik dari seorang ustadz muda Salim A. Fillah dengan akun @salimafillah di dalam twitter

Dan memang, rata-rata yang saya follow banyak memberikan sharing ilmu di dalam sosial media yang mudah ini. Banyak sekali potensi kebaikan yang bisa digali. Dari segala bidang. Entah politik, sosial, finansial sampai dalam masalah keagamaan.

Jujur saya merasa tercerahkan..

Okay, sekarang saya sajikan kultwit dari @salimafillah tentang #PrinsipTwitteran, silakan menikmati;

1. Tak congkak kalau difollow, tak kecewa jika di-unfollow, tetap berkebajikan ketika di-block, syukur saat kebaikan di-RT #PrinsipTwitteran

2. Ber-KICAU hanya yang baik: benar isinya, indah caranya, tepat waktunya. Atau DIAM menyimak, mengambil ‘ibrah terbaiknya #PrinsipTwitteran

3. Hindari dusta meski sedang bercanda. Hindari debat-perbantahan yang tak lahirkan amal, meski berada di pihak nan benar #PrinsipTwitteran

4. Memaafkan khilaf-khilaf sesama, menyuruh senantiasa pada yang baik adanya, mengabaikan yang jahil nan tak berharga #PrinsipTwitteran

5. Me-RT hanya nan jelas benar, baik, dan bergunanya; sebab cukuplah disebut dusta dia yang katakan segala nan didengarnya #PrinsipTwitteran

6. Benci dan permusuhan pada orang atau pihak tak boleh hingga lunturkan akhlaq mulia, kesantunan kata, & sikap adil kita #PrinsipTwitteran

7. Smua tweeps itu Guru, apapun tweetnya. Bukan sebab mereka pasti bijak. Tapi kitalah nan selalu belajar tuk jadi bestari #PrinsipTwitteran

8. Menista & merendahkan pribadi Tweep lain tidaklah menjatuhkannya. Itu hanya menunjukkan kerdil & hinanya diri sendiri #PrinsipTwitteran

9. Menjadi kritis tak sama dengan ber-sinis ria. Tak bisa bedakan keduanya menyulitkan kita beri sumbangsih pada kebenaran #PrinsipTwitteran

10. Balaslah tiap yang menyakitkan dengan yang menyembuhkan. Balaslah tiap yang menjatuhkan dengan yang membangunkan #PrinsipTwitteran

11. Sikapi tiap yang menyesatkan dengan cantiknya ungkapan berhidayah. Sikapi tiap nan keliru dengan indahnya berkebenaran #PrinsipTwitteran

12. Tanggapi tiap yang mengacau dengan keteraturan. Tanggapi tiap nan membabibuta dengan 7 basuhan, air & salah 1-nya debu #PrinsipTwitteran

13. Mereka yang suka menghina adalah bukti bahwa dirinya rindu pemuliaan. Berikanlah selayaknya dengan murah hati #PrinsipTwitteran

14. Mereka nan suka menghakimi itu tanda bahwa kelak dirinya jadi terdakwa di depan banyak korban. Kasihilah dengan tulus #PrinsipTwitteran

15. Reaksi berlebihan ialah tanda bahwa ada luka di hati kita. (Jabat tangan pun menyakitkan bagi yang jarinya bertelusuk) #PrinsipTwitteran

16. Luka yang berbahaya ialah luka pada mereka nan shalih. Luka itu menuntun kita tak suka pada keshalihan. Sembuhkanlah! #PrinsipTwitteran

17. Jika kita merasa bahwa semua Tweeps punya masalah dengan kita, curigalah bahwa kita inilah masalahnya. Lalu berbenah. #PrinsipTwitteran

18. Jika kita merasa bahwa segala di sekitar gelap, curigalah bahwa kita ini yang dikirim Allah sebagai cahaya. Berkilau! #PrinsipTwitteran

19. Mengeluh pada banyak orang adalah cara termudah untuk mengubah gelap yang setitik menjadi pekat semesta. Bijaklah! #PrinsipTwitteran

20. Jadikan penyebutan nikmat-nikmatNya dalam tweet kita sebagai inspirasi syukur & kerja keras, bukan riya’ & takjub diri #PrinsipTwitteran

21. Doa selalu baik; nan kala gaibnya mustajab, nan di hadapannya jadi pujian penuh makna. Saling memanggillah dengan doa! #PrinsipTwitteran

22. Pada tiap gaya, kita ingat bahwa; banyak canda turun wibawa, banyak keluh kehormatan jatuh, mudah marah jatuh ‘izzah. #PrinsipTwitteran

23. Setiap twit yang baik itu sedekah. Ia lebih baik dibanding pemberian emas sepenuh bumi diikuti ungkitan nan menyakiti. #PrinsipTwitteran

24. Setiap keterlibatan dalam ghibah & aib sesama, membuat pahala diambil & dosa si teraib ditambahkan ke buku amal kita. #PrinsipTwitteran

25. Mungkin ada yang menyebut sok alim, sok suci, sok shalih tersebab tweets kita baik. Bagaimanapun jua, berkebajikanlah. #PrinsipTwitteran

26. Berceritalah tentang diri, tapi tak perlu banyak-banyak. Sebab yang mencinta tak memerlukan, yang benci takkan percaya #PrinsipTwitteran

28. Senyum kecil & pujian sederhana mungkin saja membuat Tweeps lain kembali percaya bahwa dia berhak & layak berbuat baik #PrinsipTwitteran

29. Menyebut asal twit saat RT, Co-Pas, & inspired ialah bagian dari penghormatan pada Tweeps lain, juga pada nurani kita. #PrinsipTwitteran

30. Meng #FF orang shalih nan tweet-nya mencerahkan ialah jasa berbalas surga, seperti Habib An Najjar (Qs Yaasiin: 20-27) #PrinsipTwitteran

31. Jauh lebih mudah mendapat teman dengan tertarik pada mereka, daripada mencoba membuat mereka tertarik pada kita. #PrinsipTwitteran

32. Menyenangkan semua orang itu melelahkan. Cukuplah twit-twit ini jadi gambaran bahwa yang kita kehendaki murni baiknya. #PrinsipTwitteran

33. Bersikap santun jika berada di jalan benar. Sebab orang benar nan tak santun melunturkan hormat insan pada kebenaran. #PrinsipTwitteran

Di dalam hashtag PrinsipTwitteran yang saya sajikan ini, merupakan copas dari situs ceritadisini.com. Jadi bukan 100% saya yang rangkum, hanya sedikit meneruskan apa yang telah dituliskan pada awalnya.

Berpuisi

Salah satu karya sastra yang saya sulit pahami adalah puisi.

Kenapa? Dalam persepsi saya, puisi adalah perwujudan dari romantisme jiwa. Hanya orang-orang yang melankolis dan romantis yang mampu membuat puisi. Dan sialnya mungkin saya termasuk dalam ketegori yang realis. Jika disederhanakan, saya cenderung termasuk orang yang apa adanya dan bahkan seadanya.

Simpel dan terkesan tidak mau repot. Jika disederhanakan, saya termasuk malas.

Hedeh… Apa saya sendiri yah yang terlalu simpel dan cuek bebek?

#lah, kok jadi curcol?

Ketika teman membaca “Malu Aku Jadi Orang Indonesia”nya Taufik Ismail, saya cuma bisa manggut-manggut. Saya tahu itu karya yang sangat luar biasa. Bagus dan sangat keren! Tapi yaaa itu.. Ketika di ranah ini saya sadar, mungkin saya cuma sebagai penikmat saja.

Pun begitu ketika saya membali buku “Aku”nya Chairil Anwar yang nongol di dalam film “Ada Apa Dengan Cinta”. Setengah jam baca, langsung khatam. Dan saya cuma bisa manggut-manggut doang. Setelah itu dilempar dan lanjut dengan buku baru yang bisa saya pahami.

Padahal jika disebut realis, tidak juga kok. Saya suka dengan novel, saya suka dengan cerpen, saya suka dengan opini. Tapi saya lebih menyukai dengan sebuah cerita yang ujungnya tentang keseharian. Dan ketika berbicara dengan keseharian, saya bingung dengan apa yang bisa diromantiskan dengan keseharian itu.

Mungkin persepsi saya yang salah yah kali’. Menganggap puisi hanyalah milik jiwa-jiwa yang sedang dirudung cinta maupun duka lara.

Padahal sastra milik semua. Semuanya bisa dituangkan dalam sastra. Dituangkan dalam bentuk seni. Dan berbicara seni, setiap orang sebenarnya dikaruniai jiwa-jiwa seni. Cuma mungkin potensi itu keluar tidak hanya dalam bentuk kata dan tulisan. Ada ranah-ranah lain dalam pengejawantahan seni.

Bisa dalam bentuk lagu, syair, bahkan dalam hal bentuk fisik semacam kombinasi warna cat tembok dan sebagainya. Atau jika disebut keren, bualan-pun termasuk seni. Seni merayu dan menggombali.

Kembali ke soal puisi.

Jika dibilang tidak suka puisi, apa yang saya lakukan merupakan kontradiksi. Lha wong ringtone di handphone saya puisi kok.

Sampai-sampai karena seringnya saya menerima panggilan dengan ringtone itu, saya dianggap punya pacar. Lha gimana, ringtone saya puisi yang isinya cukup romantis. Dan saya set buat semua panggilan memakai ringtone itu. Hanya beberapa saja yang punya ringtone khusus, dan itu pun bukan  puisi. Ada nasyid buat kelompok liqo’an, ada instrumentalia buat orang-orang penting di rumah…

Hanya saja belum ada yang menghuni “Kupinang Engkau Dengan Al-Qur’an” saja di ringtone spesial ini. (Tapi segera deh buru-buru dipasang say… :D)

Yang lain dari yang nomornya terdaftar sebagai klien kerja sampai panggilan tidak dikenal memiliki ringtone puisi ini.

Ah sudahlah… Mo menjelang subuh…

Oh ya! Ingin tahu apa “lirik” yang ada di puisi yang saya jadikan ringtone di handphone? Cukup Romantis lho… Ini dia;

 

Sebuah Tanya

Akhirnya semua akan tiba pada pada suatu hari yang biasa

pada suatu ketika yang telah lama kita ketahui.

Apakah kau masih berbicara selembut dahulu

memintaku minum susu dan tidur yang lelap?

sambil membenarkan letak leher kemejaku.

 

(kabut tipis pun turun pelan-pelan di lembah kasih, lembah Mandalawangi.

kau dan aku tegak berdiri melihat hutan-hutan yang menjadi suram

meresapi belaian angin yang menjadi dingin)

 

Apakah kau masih membelaiku selembut dahulu

ketika kudekap kau dekaplah lebih mesra,

lebih dekat.

 

(lampu-lampu berkedipan di Jakarta yang sepi

kota kita berdua, yang tau dan terlena dalam mimpinya

kau dan aku berbicara tanpa kata, tanpa suara

ketika malam yang basah menyelimuti jakarta kita)

 

apakah kau masih akan berkata

kudengar derap jantungmu

kita begitu berbeda dalam semua

kecuali dalam cinta

 

(haripun menjadi malam kulihat semuanya menjadi muram

wajah-wajah yang tidak kita kenal berbicara

dalam bahasa yang tidak kita mengerti

seperti kabut pagi itu)

 

manisku, aku akan jalan terus membawa kenangan-kenangan

dan harapan-harapan bersama hidup yang begitu biru.

Soe Hok Gie
Selasa, 1 April 1969